Mengapa Engagement Rate Penting dalam Media Sosial ?

 Pengguna media sosial tentunya sudah akrab dengan istilah engagement rate. Istilah tersebut mengacu kepada salah satu indikator keterlibatan audience sehingga dapat membantu kamu mengasah strategi Jasa Digital Marketing

Ketika berbicara tentang analitik media sosial, pertumbuhan followers memang hal yang penting, tetapi itu tidak ada artinya jika audience tidak peduli dengan konten yang kamu unggah. Kamu memerlukan comment, like, share, dan tindakan lainnya untuk membuktikan bahwa konten yang kamu buat itu dilihat oleh audience. Disinilah engagement rate akan bekerja dan menunjukkan konten kamu beresonansi dengan audience. Maka dari itu, kamu harus membuat konten yang dapat meningkatkan engagement.

Ingin tahu bagaimana cara meningkatkan engagement? Yuk simak artikel di bawah ini!

Pengertian Engagement Rate

Engagement Rate merupakan data metrik untuk mengukur interaksi audience terhadap konten yang kamu buat di media sosial terutama di Instagram dan Facebook. Para digital marketer dan influencer harus memahami engagement rate agar dapat menilai sejauh mana audience terlibat dengan konten yang kamu unggah. 

Engagement rate berfungsi sebagai alat riset yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami apa keinginan audience. Indikator perhitungan engagement rate terdapat beberapa macam, mulai dari comment, like, bounce rate, share, save, mention, click-through action, dan lainnya tergantung pada platform media sosial apa yang kamu gunakan 

Mengapa Engagement Rate Penting?

Membantu Menilai User Experience

Dalam sebuah website, engagement rate yang tinggi menandakan bahwa pengguna dapat berinteraksi dengan nyaman di konten yang kamu unggah. Jika engagement rate kamu kurang baik, maka audience akan merasa bosan dengan konten kamu, sehingga beberapa elemen dari user experience perlu ditingkatkan.

Memantau Kinerja Kompetitor

Selain mengecek kinerja website, kamu dapat memantau kinerja kompetitor lewat engagement rate-nya. Untuk mengecek engagement rate website kompetitor, kamu dapat gunakan tools gratis dari Similarweb atau SocialBlade. Apabila engagement rate kompetitor kamu baik, kamu dapat melihat bagaimana strategi pemasaran yang mereka lakukan.

Memantau Efektivitas Campaign

Engagement rate dalam sebuah konten bisa jadi salah satu indikator penting dalam keefektifan sebuah campaign marketing. Sebab, kamu dapat mengetahui seberapa banyak audience yang terlibat dan melakukan pembelian. Jika engagement rate kamu rendah, kemungkinan campaign yang kamu buat masih kurang diminati oleh audience.

Cara Menghitung Engagement Rate

Masing-masing platform memiliki indikator engagement rate yang berbeda-beda, sehingga perhitungan yang diterapkan tidak selalu sama. Tetapi, ada beberapa cara yang dapat kamu coba untuk menghitung engagement rate, seperti:

Engagement rate post

Cara ini dapat kamu lakukan ketika angka post reach akun kamu cukup fluktuatif dan membaginya dengan total follower yang kamu miliki. Maka nilai engagement rate kamu akan lebih stabil. 

Engagement rate by reach

Cara ini memperhitungkan seberapa luas jangkauan post yang kamu unggah mencapai audience atau user unik lainnya. Itu artinya, post yang kamu unggah bukan hanya dilihat oleh followers, tetapi juga pengguna lain yang bukan pengikut akun kamu.

Engagement rate views

Cara ini dapat diandalkan jika kamu menggunakan konten video untuk promosi. Ana tinggal memperhitungkan view dan unique view saja, yaitu pengguna yang menonton video sama berulang kali. 

Tips Meningkatkan Engagement Rate!

Berikut ini beberapa cara meningkatkan engagement rate yang bisa kamu coba. Tips di bawah ini bukan hanya untuk platform media sosial saja ya, tetapi bisa juga untuk website!

  • Gunakanlah Hashtag dan Keyword yang Tepat
  • Mengunggah Konten di Jam Terbaik
  • Menggunakan Fitur-Fitur Terbaru yang sedang Trend
  • Mengoptimalkan Kecepatan Loading Website
  • Pastikan Halaman Mobile Friendly
  • Tambahkan CTA yang Menarik
  • Merespon Komentar Audience
  • Membuat Konten yang Berkualitas

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan secara singkat mengenai engagement rate. Untuk menghitung engagement rate dapat kamu lakukan secara manual dengan formula tertentu. Apabila kamu ingin lebih praktis, kamu dapat mencoba tools online gratis. 

Dengan keterlibatan pelanggan yang tinggi, kamu dapat menyukseskan strategi Jasa Digital Marketing. Jika kamu memiliki bisnis, bisa konsultasikan langsung bersama pakarnya GRATISSS di nomor 081294795042.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah Mengetahui Jenis Iklan Google Ads? Ini Rahasianya!

Mengenal Apa Itu Content Creator dan Kriterianya

BAGAIMANA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EFEKTIF?