Mengapa Referral Marketing Efektif?

 



Terdapat berbagai jenis promosi yang dapat Anda lakukan di era saat ini. Semakin canggihnya teknologi, dapat membantu pelaku usaha dengan mudah memasarkan produk atau jasa mereka menggunakan media digital, seperti jasa digital marketing jakarta, website, blog, media sosial, dan masih banyak lagi. 


Para pelaku bisnis mulai menggunakan berbagai jenis iklan secara online maupun offline. Metode pemasaran apapun yang Anda gunakan tidak jadi masalah, karena semakin banyak metode pemasaran yang Anda jalankan, maka akan semakin besar peluang Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan. 


Bisnis harus terus menerus melakukan inovasi untuk meningkatkan pendapatan. Salah satu strategi yang efektif adalah dengan menggunakan referral program. Dengan menggunakan strategi tersebut, dapat membantu Anda untuk mendapatkan konsumen baru yang lebih banyak. Konsumen yang Anda miliki dapat mengenalkan produk Anda ke orang yang dikenal, dan ikut membeli produk tersebut. 


Tidak hanya menguntungkan perusahaan, strategi marketing ini juga memberikan dampak positif bagi pelanggan Lho… Kok bisa ya? Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel di bawah ini!


Apa itu Referral Marketing?


Referral merupakan strategi marketing dengan mengajak pelanggan Anda untuk memberikan rekomendasi sebuah produk ke calon konsumen, bisa teman, keluarga, atau koneksi di sosial media. 


Dengan menggunakan referral, akan ada banyak orang yang ikut membeli produk tersebut. Apalagi, banyak konsumen yang mempercayai rekomendasi dari orang yang mereka kenal. Referral marketing merupakan bentuk jenis pemasaran dari word of mouth, di mana memberikan informasi dan pengalaman yang dilakukan konsumen akan membantu perusahaan mendapatkan konsumen baru. 


Metode referral marketing termasuk ke dalam pemasaran tradisional. Dalam referral program, pelanggan yang sudah daftar akan mendapatkan link unik yang dapat mereka bagikan ke siapapun. Calon konsumen dapat berbelanja langsung dari link tersebut. Setelah itu, pelanggan yang menyebarkan link tersebut akan mendapatkan referral incentive atau referral rewards untuk promosi atau penjualan yang telah berhasil mereka lakukan. 

Mengutip dari data yang diberikan oleh Nielsen, strategi referral marketing terbilang efektif, lantaran sebanyak 92% pelanggan lebih mempercayai rekomendasi dari orang-orang yang mereka kenal. Bahkan peluang seseorang membeli produk tersebut akan menjadi empat kali lebih besar jika orang yang mereka kenal memberikan rekomendasi. 


Menariknya, strategi referral marketing tentu akan menguntungkan penjual karena dapat mengurangi biaya promosi, namun tetap mendapatkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kalau Anda menerapkan strategi ini sebagai salah satu bentuk strategi pemasaran yang efektif.


Jenis-Jenis Referral Marketing


Terdapat berbagai jenis referral yang dapat Anda gunakan, seperti:


  1. Leaderboard Reward

  2. Milestone Reward

  3. One Way Incentives (Referrer dan Referred)

  4. Two Way Incentives


Keuntungan Menggunakan Strategi Referral Marketing


Selain memberikan manfaat yang banyak bagi pelanggan dan perusahaan, berikut adalah beberapa keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan strategi referral, seperti:


  1. Memiliki Target Pasar yang Jelas

  2. Mendapatkan Tingkat Kepercayaan Pelanggan yang Tinggi

  3. Membantu Mendapatkan Reach yang Tinggi

  4. Memiliki Customer Loyalty

  5. Menghemat Biaya Promosi


Referral marketing akan membantu mengembangkan bisnis Anda. Strategi ini ampuh untuk membantu mendapatkan konsumen baru dan meningkatkan customer retention. Keberhasilan menggunakan strategi ini bergantung pada bagaimana cara Anda memikat calon konsumen dan mengajak sebanyak mungkin orang-orang untuk bergabung dalam program referral.


Apakah Anda memiliki sebuah bisnis? Jika iya, tentunya Anda ingin menggunakan strategi yang tepat untuk memasarkan bisnis Anda. Menggunakan jasa digital marketing jakarta dapat membantu Anda untuk memasarkan bisnis Anda dengan mudah. Anda dapat mengunjungi laman kami di https://theconversion.com/ yang akan membantu Anda untuk memasarkan bisnis secara mudah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah Mengetahui Jenis Iklan Google Ads? Ini Rahasianya!

Mengenal Apa Itu Content Creator dan Kriterianya

BAGAIMANA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EFEKTIF?