BAGAIMANA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EFEKTIF?

 


Komunikasi pemasaran adalah teknik yang digunakan perusahaan atau individu bisnis untuk menyampaikan pesan promosi tentang produk dan layanan mereka. Para ahli komunikasi pemasaran merancang berbagai jenis komunikasi persuasif dan mengirimkannya ke audiens sasaran. Komunikasi secara sederhana berarti menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima. Namun dalam praktiknya, ini adalah proses kompleks yang melibatkan banyak faktor lain. Namun, digital agency Jakarta mempunyai solusinya. 


Pengertian Strategi Komunikasi dan Penerapannya » Katalisnet



Strategi komunikasi pemasaran adalah strategi yang digunakan oleh suatu perusahaan atau individu untuk mencapai pasar sasarannya melalui berbagai jenis komunikasi. Ini mencakup pesan (apa yang akan dikatakan), media (di mana dikatakan), dan target (kepada siapa pesan Anda sampai). Definisi Komunikasi Pemasaran menurut (Priansa, 2017: 94) Komunikasi pemasaran adalah sebuah bidang ilmu yang menggabungkan antara ilmu komunikasi dengan ilmu pemasaran, sehingga memunculkan sebuah kajian baru yaitu komunikasi pemasaran atau marketing communication. Menurut (Shimp, 2003: 4) komunikasi pemasaran dapat dipahami dengan menjelaskan dua dasar yaitu komunikasi dan pemasaran. 


Fungsi Komunikasi Pemasaran Komunikasi memiliki peran utama dalam hal pemasaran produk, karena dalam teknik komunikasi pemasaran memiliki kemampuan dan keunggulan dalam membangkitkan minat setiap konsumen yang menjadi target, sehingga dapat tergerak untuk melakukan pembelian. 


1. Menciptakan keinginan dalam suatu kegiatan kategori produk, setiap organisasi memiliki tujuan dan hak untuk bisa meraih konsumen agar bisa memilih produk, dan bukan produk kompetitor. 

2. Menciptakan kesadaran merek, dengan cara memahami untuk lebih mengenal, melalui iklan, promosi penjualan, dan segala bentuk komunikasi pemasaran sebuah merek.

3. Menciptakan sikap positif terhadap produk dan mempengaruhi niat (niat). Komunikator yang sukses untuk mempengaruhi konsumen sehingga memunculkan pemahaman akan merknya.

4. Memfasilitasi pembelian, jika usaha dalam komunikasi pemasaran dengan efektif, konsumen akan memahami mengapa merek tersebut tinggi, hingga konsumen memiliki pemikiran lebih menarik dengan harga premium tersebut. 


Komunikasi pemasaran terpadu (IMC) dapat didefinisikan sebagai proses yang digunakan untuk menyatukan elemen komunikasi pemasaran, seperti hubungan masyarakat, media sosial, analisis audiens, prinsip pengembangan bisnis, dan periklanan, menjadi identitas merek yang tetap konsisten di seluruh saluran media yang berbeda. Ini memungkinkan organisasi dan bisnis publik dan swasta untuk memberikan pengalaman konsumen yang menarik dan mulus untuk suatu produk dan/atau layanan, dan untuk mengoptimalkan citra dan hubungan organisasi dengan pemangku kepentingan. Selain penjelasan di atas, kamu juga bisa belajar melalui digital agency Jakarta atau menggunakan jasa iklan online jakarta dengan menghubungi kami di Whatsapp 081294795042.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah Mengetahui Jenis Iklan Google Ads? Ini Rahasianya!

Mengenal Apa Itu Content Creator dan Kriterianya