Jasa Iklan Google Jakarta - Pengaruh Strategi Digital Marketing Shopee Terhadap Minat Beli Konsumen Di Era Pandemi Covid-19


 

Jasa Iklan Google Jakarta - Pandemi COVID-19 saat ini telah menghambat semua aktivitas manusia. Penyebaran virus yang semakin meningkat disebabkan oleh penularan kontak orang ke orang, sehingga pemerintah secara proaktif mengadopsi kebijakan penegakan social distancing. Sejak muncul pada akhir tahun 2019 hingga, Covid19 atau Corona virus tidak hanya berdampak pada kesehatan manusia, tetapi juga berdampak pada bidang lain, yaitu sektor ekonomi terkait dengan melibatkan perusahaan di banyak bidang . Ada industri yang tiba-tiba meledak, seperti platform digital dan layanan kesehatan. Namun, banyak juga industri yang malah redup oleh karena tidak dapat beradaptasi dengan situasi krisis saat ini. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi , terutama di abad 21, membawa inovasi ke dunia bisnis, khususnya di bidang pemasaran yang dikenal dengan digital marketing dan bisa menggunakan Jasa Iklan Google Jakarta 

Jasa Iklan Google Jakarta


Mengutip dari situs Tirto.id, jumlah penggunaan e-commerce meningkat dari menjadi 38,3% selama pandemi Covid19, di mana di antaranya dimulai dari Januari hingga Juli 2020. Peningkatan penggunaan e-commerce ini tak lain adalah karena perubahan perilaku konsumen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama hari dengan berbelanja online, khususnya selama periode pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dari data yang ada, dapat disimpulkan bahwa media online dapat menjadi solusi bagi para pengusaha untuk mempertahankan usahanya dalam konteks pandemi Covid19. Perkembangan industri ekonomi digital saat ini telah memungkinkan sekitar e-commerce berhasil mempertahankan eksistensinya di tengah pandemi Covid19. Beberapa faktor dapat mempengaruhi preferensi pembelian konsumen, misalnya kombinasi merek menggambarkan bagaimana mewakili perusahaan, merek atau variasi produk, berkomunikasi dengan pelanggan tentang cara menggunakan media digital sebagai ruang iklan, seperti Shopee telah menjadi e-commerce dengan pengunjung situs bulanan tertinggi di Indonesia.

Shopee adalah pasar Singapura, dan mulai berekspansi ke Asia Tenggara dari pada tahun 2015, termasuk Indonesia. Apalagi dalam perjalanannya, tahun kemudian, Shopee telah meningkat menjadi pasar terbesar ketiga di Indonesia. Kunjungan bulanan Shopee telah mencapai 74.995.300 dalam tahun terakhir. Marketplace, anak perusahaan SEA Group, mampu menarik perhatian konsumen di Indonesia melalui kampanye yang melibatkan selebriti internasional seperti Blackpink. Dikutip dari situs Databoks , data iPrice menunjukkan bahwa Shopee menerima 71,5 juta kunjungan pada kuartal pertama tahun 2020. Diikuti oleh Tokopedia dan Bukalapak dengan  dengan masing-masing 69,8 juta dan 37,6 juta kunjungan. Dengan kampanye berbeda yang dilakukan oleh Shopee, total pesanan platform Shopee meningkat dari 150,1% menjadi 615,9% pada Q2 2020, berdasarkan aktivitas Shopee di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Taiwan dan Brasil.

Berdasarkan hasil dari pembahasan diatas, diketahui bahwa ada 7 strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan strategi digital marketing Shopee, yaitu:

1.     Menggunakan model iklan yang sedang populer di masyarakat

Metode pemasaran terpenting di Shopee adalah menggunakan public figure atau figur yang sedang berkembang di kalangan calon konsumen, seperti anak muda dan ibu-ibu yang gemar berbelanja online. Sebagai contoh, sebagian besar orang Indonesia terpikatdengan sinetron Ikatan Cinta.Sehingga, Shopee telah memilih Amanda Manopo dan Arya Saloka sebagai protagonis sinetrondalam fitur promosi. Hasilnya, informasi penjualan Shopee meningkat signifikan.

2.     Iklan yang Ringan dan Menghibur

Ketika mendengar iklan Shopee, hampir tidak pernah muncul iklan yang terlalu panjang atau sulit dicerna. Shopee memiliki konsep periklanan yang ringan, menghibur namun berkesan, tidak hanya untuk konsumen mereka tetapi untuk semua orang pada umumnya.

3.     Menggunakan Warna Brand yang Mencolok 

Strategi pemasaran Shopee ini mungkin tidak unik. Bahkan, banyak produk dan pasar lain juga menggunakan warna-warna cerahuntuk berbisnis. Shopee memilih warna oranye yang menonjol sebagai warna kostum nasional, sehingga banyak orang menjuluki aplikasi ini "oranye". Seperti yang kita ketahui bersama, warna ini jarang digunakan dalam bisnis, sehingga oranye sering diidentikkan dengan Shopee. Shopee sendiri selalu menerapkan warna ini sebagai tema utama untuk semua properti bisnisnya,seperti iklan bergambar, aplikasi, dan lainnya.Mengidentifikasi bisnis dengan warna tertentu sebenarnya merupakan strategi pemasaran yang sangat bermanfaat karena bisnis menjadi lebih mudah diingat.

4.      Memiliki Target Konsumen yang Jelas

Dari analisis strategi pemasaran Shopee, kita dapat memperkirakan siapa target pelanggan pasar Shopee. jawabannya ada pada wanita, pada gadis remaja dan orang paruh baya. Tentu saja, kita tidak dapat mengabaikan fakta bahwa kelompok ini adalah yang paling menjanjikan dalam hal pembelanjaan.

5.     Menyediakan Banyak Pilihan Promo untuk Penjual

Shopee menawarkan banyak pilihan promosi bagi penjual untuk meningkatkan volume penjualan mereka. Beberapa contohnya adalah promosi pengiriman gratis, diskon untuk total pembelian tertentu, penawaran toko, dan lainnya. Selain melayani konsumen, strategi pemasaran Shopee juga memberikan payung bagi penjual untuk memaksimalkan ekspansi toko.

6.     Memanfaatkan Momentum Spesial

Selain memberikan pilihan promosi untuk penjual, Shopee sendiri juga menawarkan promosi untuk semua pengguna Shopee. Fitur yang membedakan dari promosi ini adalah mengikuti jadwal atau tanggal yang unik. Misal: Shopee Big Sale Ramadhan, Birthday Sale 12.12, Big Sale 11.11, dll.

7.     Fitur Layanan Sangat Bervariasi

Selain promosi pemasaran dan iklan, Shopee juga memanfaatkan berbagai layanan menarik untuk membuat konsumen senang. Disebut layanan game Shopee, tanam pohon Shopee dan goyangkan Shopee untuk mendapatkan koin. Penawaran yang variatifdan menarik ini berhasil menyulut antusiasme masyarakat segala usia terhadap Shopee.

 

Besarnya pengaruh digital marketing diminati konsumen yang semakin meningkat di era pandemi Covid19 salah satunya dengan terus menciptakan inovasi khususnya di bidang pemasaran dengan menggunakan platform digital terus meningkatkan peluang penjualan. Jika ingin mencari Jasa Iklan Google Jakarta, bisa hubungi kami lebih lanjut 081294795042.




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah Mengetahui Jenis Iklan Google Ads? Ini Rahasianya!

Mengenal Apa Itu Content Creator dan Kriterianya

BAGAIMANA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EFEKTIF?