Digital Agency Jakarta - Digital Agency JakartaCommunity Marketing Apakah Penting? Ini Penjelasannya!
Apakah Anda tahu jika terdapat banyak strategi marketing yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan? Salah satunya adalah community marketing. Meski tidak sepopuler content marketing, email marketing, dan social media marketing, namun community marketing sudah terbukti efektif untuk diterapkan dalam bisnis. Maka dari itu pada artikel kali ini, kami selaku Digital Agency Jakarta akan menjelaskan mengenai community marketing mulai dari pengertian, manfaat, hingga jenisnya.
Digital Agency Jakarta |
Pengertian Community Marketing
Community marketing adalah sebuah strategi yang melibatkan suatu brand untuk berinteraksi dengan sebuah komunitas yang berisikan individu yang memiliki kegemaran sama. Community marketing adalah strategi pemasaran dalam suatu bisnis yang dianggap cukup efektif dan dilakukan dengan cara berinteraksi secara aktif dengan komunitas konsumennya. Interaksi ini dapat dilakukan melalui offline maupun online dengan melalui seminar, forum online, grup Facebook, event, dan sebagainya.
Manfaat Community Marketing
1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Pada zaman sekarang, konsumen tidak hanya ingin menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Mereka juga ingin memperbanyak interaksi dengan Anda seperti memberikan saran, diskusi, dan sebagainya. Dengan community marketing, Anda dapat mendengarkan dan berkomunikasi secara terbuka dengan konsumen. Anda dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan cara mmebangun komunikasi yang baik dengan pelanggan.
2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda
Terdapat fakta bahwa 77% bisnis mempercayai jika komunitas dapat meningkatkan brand awareness dalam suatu bisnis. Jadi, dengan adanya komunitas maka akan semakin banyak orang yang akan membicarakan bisnis Anda dan mengetahui brand Anda serta berkemungkinan besar untuk menjadi konsumen
3. Mengenal Konsumen Lebih Dekat
Community marketing memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan konsumen secara langsung sehingga akan terasa lebih dekat. Komunitas online dapat membantu dalam bisnis untuk mengetahui lebih detail mengenai kebutuhan konsumen sehingga Anda bisa mengetahui apa saja yang mereka sukai dan tidak hingga bisa mendapatkan feedback dari hal tersebut.
4. Membangun Hubungan Jangka Panjang dengan Konsumen
Customer retention atau pelanggan tetap merupakan hal yang diinginkan bagi semua pebisnis. Dengan community marketing, Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan pelanggan tetap. Anda bisa selalu berkomunikasi dengan pelanggan seperti merespon pertanyaan dan keluhan, memberikan info tentang produk atau layanan yang ditawarkan, dan sebagainya.
Jenis Community Marketing
Terdapat dua jenis community marketing, yaitu:
1. Organic Community Marketing
Organic community marketing adalah komunitas yang dibentuk sendiri oleh konsumen tanpa bantuan dan campur tangan Anda. Contohnya adalah grup Facebook penggemar, diskusi forum online, hingga komunitas dalam suatu kota.
2. Sponsored Community Marketing
Sponsored community marketing adalah komunitas yang sengaja Anda buat untuk konsumen sehingga konsumen bisa berinteraksi antara satu sama lain. Namun konsumen tidak hanya bisa berinteraksi satu sama lain saja, melainkan bisa berinteraksi juga dengan Anda. Jenis ini merupakan yang sering diterapkan oleh bisnis karena dinilai cukup efektif.
Sudah Siap Gunakan Community Marketing untuk Bisnis Anda?
Ternyata ada banyak sekali manfaat yang diberikan dari community marketing ini. Manfaat yang diberikan beragam yaitu mulai dari meningkatkan loyalitas pelanggan, mengenal konsumen lebih dekat, hingga berguna untuk meningkatkan brand awareness. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan berguna bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami selaku Digital Agency Jakarta di nomor 081294795042 atau mengunjungi laman kami di https://theconversion.com/
Komentar
Posting Komentar