Digital Agency Jakarta - Bagaimana Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan? Ini Caranya!


Kepuasan pelanggan adalah salah satu hal penting dalam keberlangsungan bisnis. Cara untuk memenuhi kepuasan pelanggan adalah dengan memberikan apa yang menjadi kebutuhan dari pelanggan itu sendiri. Kepuasan pelanggan dapat berguna untuk membangun bisnis yang lebih maju dengan guna untuk meningkatkan keuntungan. Menurut Digital Agency Jakarta, kepuasan konsumen adalah suatu perasaan dalam diri seseorang baik itu senang maupun kecewa yang muncul setelah melakukan perbandingan antara kinerja suatu produk yang ada dengan harapannya. Kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana cara untuk mengukur kepuasan pelanggan dan apa saja tips untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.


Apa yang dimaksud dengan Kepuasan Konsumen atau Kepuasan Pelanggan? -  Manajemen - Dictio Community
Digital Agency Jakarta


Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan


1. Minta Feedback Langsung dari Konsumen


Feedback dari pelanggan merupakan suatu hal yang penting untuk dapat memahami kepuasan pelanggan. Bentuk feedback bisa bermacam-macam mulai dari pesan, kesan, keluhan, maupun saran. Untuk mendapatkan feedback, Anda bisa menggunakan platform apapun yang terkait dengan konsumen seperti sosial media, email, dan sebagainya.


2. Bagikan Kuesioner Kepuasan Pelanggan


Kuesioner ini dapat berupa beberapa pertanyaan singkat yang bisa diisi dengan cepat oleh konsumen, misalnya dengan memakai skala jawaban dari sangat puas sampai sangat tidak puas ataupun dengan berupa angka 1-10.


3. Lakukan Survey Kepuasan Pelanggan


Survey kepuasan pelanggan dapat dilakukan dengan beberapa metode ini seperti in-app customer survey, post service survey, dan email customer survey. Melalui ketiga teknik ini, Anda bisa mendapatkan respon lebih banyak dan detail dari konsumen sehingga dapat mengukur tingkat kepuasan konsumen dengan lebih tepat.


Tips Meningkatkan Kepuasan Pelanggan


Halaman Unduh untuk Strategi Dalam Upaya Untuk Mengukur Tingkat Kualitas  Kepuasan Pelanggan Training Pemasaran Surabaya


1. Ukur Tingkat Kepuasan Pelanggan Secara Rutin


Setelah sudah mengetahui bagaimana cara mengukur kepuasan pelanggan, Anda perlu memantau perkembangannya secara rutin dan berkala. Hal ini dikarenakan konsumen bisa saja berubah jika produk atau layanan tidak sesuai dengan standar yang dijanjikan. Anda bisa mengevaluasi kepuasan pelanggan secara berkala baik itu bulanan maupun tahunan.


2. Proaktif dalam Mencari Feedback Konsumen


Untuk mendapatkan feedback yang baik dari konsumen, Anda perlu proaktif dalam mengadakan kuesioner maupun survey. Jangan lupa jelaskan manfaat yang diberikan dari kegiatan kuesioner maupun survey tersebut untuk konsumen.


3. Sediakan Berbagai Channel untuk Melayani Konsumen


Semakin banyak channel maka akan memudahkan konsumen untuk menghubungi Anda dan juga akan semakin banyak juga feedback yang bisa didapatkan. Feedback inilah yang bisa digunakan untuk mengetahui apa yang konsumen butuhkan dan mendapat gambaran kepuasan pelanggan. 


4. Upayakan Customer Retention


Customer retention adalah suatu usaha untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar tetap mau menggunakan produk. Terdapat fakta bahwa menjual produk ke pelanggan lama dinilai lebih mudah karena mereka sudah mengenal brand dan produk Anda. Beberapa upaya customer retention yang dapat dilakukan yaitu menggelar program customer loyalty, melakukan komunikasi personal dengan menyebut nama pelanggan, hingga melakukan cross selling.


Sudah Siap Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dalam Bisnis Anda?


Kepuasan pelanggan menjadi bagian integral dalam visi, misi, tujuan, dan berbagai hal lainnya dalam suatu perusahaan. Pastikan Anda dapat memberikan kesan yang baik bagi pelanggan agar mereka merasa puas dan dapat menjadi pelanggan setia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan berguna bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami selaku Digital Agency Jakarta di nomor 081294795042 atau mengunjungi laman kami di https://theconversion.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah Mengetahui Jenis Iklan Google Ads? Ini Rahasianya!

Mengenal Apa Itu Content Creator dan Kriterianya

BAGAIMANA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EFEKTIF?